Selasa, 23 Agustus 2011

TIPS mengemudi saat gelap..

Mengemudi saat malam hari rentan terjadi kecelakaan, apalagi jika kondisi jalan yang gelap akibat sedikitnya penerangan lampu jalan, Simak beberapa tips dibawah ini:
1. pastikan kondisi lampu besar, kecil, sein dan lampu rem dalam keadaan baik. Komponen penerangan yang prima akan membantu perjalanan anda.
2. Bersihkan kaca-kaca jendela dan kaca lampu, kaca jendela yang kotor bisa membiaskan cahaya yang menyilaukan. Sementara kaca lampu yang kotor dapat mengurangi efektifitas sorotan cahaya. Apabila lampu jalan membuat silau, manfaatkan sun visior  sebagai penghalang.
3 .Jangan biarkan mata terus menatap kearah depan, gerakkan ke berbagai arah agar tetap terjaga. Untuk mencegah mata silau karna sorotan
lampu mobil diarah berlawanan, palingkan sesaat mata, lalu beri sinyal dengan menyalakan lampu 'dim' agar pemgemudi lain didepan mematikan lampu besarnya. Jangan ikut menyalakan lampu besar, karna akan memperburuk keadaan.
4. Atur kecepatan dan perhatikan marka jalan, tapi jangan menatapnya langsung agar konsentrasi tidak terpecah. Jangan mengemudi terlalu kencang saat malam hari, belum tentu kondisi fisik anda fit dan memiliki respon cepat saat menghadapi situasi tak terduga.
5. Dan yang terakhir beri jarak dengan kendaraan didepan, agar anda memiliki waktu bereaksi sat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

0 komentar:

Posting Komentar

kalau sudah lihat blog ini jangan lupa comment ya.!!

Template by:

Free Blog Templates