Rabu, 24 Agustus 2011

Mencegah keluhan AC

  Pengendara mobil pasti sadarkan peran sebuah AC ( Air Conditioner ), yang jika lupa untuk merawatnya, akan muncul satu per satu keluhan dari benda ini. Jika AC tidak sering dibersihkan maka akan banyak menimbulkan masalah seperti akan mengeluarkan bau tak sedap, tidak akan menjadi dingin, akan menimbulkan suara yang berisik dari AC, dan akan merusak kompresor komponen lainnya.
  Untuk mengetahui penyebab apa saja dan bagaimana solusinya, ikuti tips berikut:
  1. Mencegah AC berbau tak sedap.
     Bau tak sedap yang keluar dari AC muncul dari kotornya AC yang menimbulkan bakteri yang menempel pada evaporator.
     untuk mencegahnya pun sangat mudah, cukup dengan mencopot evaporator dan blower dilepas dari dasboard, dan masing-masing dicuci dengan menggunakan air bersih. Hal ini bertujuan agar lumut dan kotoran terlepas.
  2. Mencegah AC menjadi tak dingin.
     Penyebab utama penyakit AC yang satu ini terlalu tebalnya kotoran pada dinding kondensor yang menyebabkan sirkulasi udara tergantung sehingga overheat. Disamping itu freon yang
kotor juga bisa menyebabkan AC menjadi tak dingin.
     Apabila ini sudah terjadi, hal pertama yang dilakukan adalah dengan membersihkan freon dan kondensor. Namun apabila sudah terdapat karat yang berlebih, maka anda harus mengganti freon atau filter dryer dan ekspansi diganti untuk mendapatkan hawa dingin seperti sebelumnya.
  3. Mencegah AC berisik atau mengeluarkan suara yang berlebihan.
     Suara berisik ini disebabkan karna adanya gap antara piston dan shaft di dalam kompresor.
     Untuk menanggulangi ini oli yang terdapat pada kompresor harus ditambahkan secara rutin untuk mencegah kemacatan pada kompresor.
     Agar permasalahan AC ini tidak terjadi lakukanlah service ringan berkala pada AC setiap kelipatan 30.000km tanpa membuka blower. Bila itu sudah terlewatkan maka lakukanlah service besarper 100.000km perjalanan anda.



0 komentar:

Posting Komentar

kalau sudah lihat blog ini jangan lupa comment ya.!!

Template by:

Free Blog Templates